APA MANFAAT BUAH TIN (THEEN) ITU?



“Demi (buah) tin dan buah zaitun, dan demi Bukit Sinai.” (At-Tin: 1-2).
Salah satu ayat dari Al-Qur’an Surat At-Tin.

Buah tin yang disumpahkan pada salah satu surat Al-Qur’an adalah tergolong  tumbuhan jenis Ficus dari keluarga Moraceae yang menurut ahli botani jenisnya mencapai sekitar 700-an tersebar di seluruh dunia. 


Buah Tin (Ficus Carica) dipercaya sebagai fruit from paradise, buah suci dari taman surga. Bukan tanpa alas an, selain rasanya yang segar dan lezat, buah ini juga memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Bahkan manfaatnya  disebutkan dalam hadist Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Abu Darda ra.

Dalam hadist tersebut dikisahkan rasulullah diberi buah tin dan memakannya. Kemudian rasulullah bersabda, “Jika engkau berkata ada buah yang diturunkan dari surga, maka aku bisa katakan, inilah buahnya, karena sesungguhnya buahnya tanpa biji. Oleh karena itu, makanlah, karena buah tin ini dapat menyembuhkan wasir dan encok.”

Manfaat :
·         Membantu proses pembersihan racun dari dalam tubuh.
·         Mecegah kanker usus serta penyakit yang berkaitan dengan perut.
·         Mengandung antioksidan yang dapat menghalangi karsinogen yang menjadi penyebab kanker.
·         Mengandung Omega 3 dan Omega 6, yaitu sejenis lemak yang berperan dalam pencegahan penyakit jantung.
·         Mengandung zat yang dapat mengurangi kolesterol jahat, menguatkan jantung dan menormalkan saluran pernapasan bagi penderita asma / sesak napas.
·         Bermanfaat untuk mengobati sulit buang air besar, bermanfaat untuk hati dan limpa.
Buah tin selain mengandung serat yang sangat tinggi, dimana setiap 100 gram buah tin kering, terkandung 12,2 gram serat, dan juga terdapat zat Benzal dehyde, sebuah zat yang dapat menghambat pertumbuhan tumor dan melawan sel-sel kanker.

Postingan populer dari blog ini