Senin, 27 Desember 2010

Info Tempat Tes Narkoba dan Biayanya

Pada saat akan mengikuti tes CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) terkadang kita diharuskan melampirkan surat keterangan bebas narkoba. Biasanya selain melapirkan surat keterangan bebas narkoba kita juga harus melampirkan surat keterangan sehat jasmani dan rohani. Bagi warga yang berada di kota Bandung, tes narkoba bisa dilakukan di RSUP dr. HASAN SADIKIN demikian pula tes sehat jasmani dan rohani.


Berikut ini adalah rincian biaya dan tahapan-tahapan secara umum ketika akan melakukan tes kesehatan yang penulis lakukan pada Oktober 2010. Pertama kita masuk ke RSUP dr. HASAN SADIKIN, kita mendaftarkan diri dulu di bagian administrasi dekat pintu masuk depan, untuk kelas 2 yaitu sebesar dua puluh ribu rupiah. Kedua, daftar di bagian MCU (laboratorium) untuk melakukan tes urine dengan biaya sebesar seratus tujuh puluh lima ribu rupiah. Kemudian kita akan diberi gelas plastik kecil yang telah diberi label nama kita untuk menyimpan sample urine. Proses mengisi sample urine dilakukan di toilet dan isi gelas plastik secukupnya. Ketiga, daftar di bagian MCU (pemeriksaan jasmani) untuk membuat surat keterangan sehat badan sebesar dua puluh ribu rupiah. Tesnya cukup sebentar hanya diperiksa berat badan, tinggi badan, tekanan darah, tes buta warna dan badan kita oleh dokter. Terakhir yaitu daftar di bagian kesehatan jiwa sebesar dua ratus ribu rupiah. Tes kesehatan jiwa ini seperti tes psikotes. Kita akan diberi diktat (MMPI-2 analisis) yang berisi soal-soal yang banyak sekali (200 soal lebih). Tetapi kita tidak perlu khawatir karena jawabannya berupa pilihan ganda yang sudah disediakan. Kita tinggal memilih jawaban mana yang pas dengan diri kita dari setiap soal. Jadi total pengeluaran yang harus disiapkan sebesar empat ratus lima belas ribu rupiah belum termasuk biaya makan siang, ongkos angkot/bensin dan fotocopy untuk legalisir surat-surat keterangan hasil tes kesehatan di atas.

Terakhir, disarankan apabila kita akan melakukan tes kesehatan maka sebelumnya kita sarapan pagi dulu dan berangkat pagi untuk menghindari macet di perjalanan dan antrian yang panjang di rumah sakit.

Baca juga :
Tips Sederhana Mengikuti Tes CPNS
Bisnis Tanpa Modal Uang, Bisakah?
Jadi Perantara atau Makelar 

Entri Populer

JADWAL SHOLAT KOTA DI INDONESIA